jumlah pengunjung blog

jumlah pengunjung blog

google translet

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Laman

Jumat, 11 Maret 2011

askep spinal cord injury

Diposting oleh Amel_Lia


1.    Pendahuluan
       Spinal Cord Injury (SCI)
Cedera tulang belakang adalah cedera mengenai cervicalis, vertebralis dan lumbalis akibat trauma; jatuh dari ketinggian, kecelakakan lalu lintas, kecelakakan olah raga dsb (Arifin cit Sjamsuhidayat, 1997).
Sedangkan pengertian dari Spinal Cord Injury (SCI) adalah cidera yang terjadi karena trauma spinal cord atau tekanan pada spinal cord karena kecelakaan                           
Penyebab dari SCI yaitu ; akibat trauma, jatuh dari ketinggian, kecelakakan lalu lintas (otomobil), kecelakaan olah raga kecelakaan industri, luka tusuk, tembak, tumor dan sebagainya. Selain itu, SCI dapat pula disebabkan oleh kelainan lain pada vertebra, misalnya arthropathi spinal, keganasan yang mengakibatkan fraktur patologik, infeksi, kelainan kongenital, dan gangguan vaskular.Kecelakaan  jalan  raya adalah penyebab terbesar, hal mana cukup kuat untuk merusak kord spinal serta kauda ekuina. Di bidang olah-raga, tersering karena menyelam pada air yang sangat dangkal.Akibat suatu trauma mengenai tulang belakang,jatuh dari ketinggian, kecelakakan lalu lintas, kecelakakan olah raga
Dari sumber di atas dapat disimpulkan bahwa etiologi dari Spinal Cord Injury (SCI) adalah karena trauma.
Kerusakan pada sumsum belakang merupakan kerusakan yang permanen karena tidak akan terjadi regenerasi dari jaringan saraf. Pada fase awal setelah trauma tidak dapat dipastikan apakah gangguan fungsi disebabkan oleh kerusakan sebenarnya dari jaringan saraf atau disebabkan oleh tekanan, memar, atau oedema
Bila dilihat secara patologi suatu penyakit,Akibat suatu trauma mengenai tulang belakang, jatuh dari ketinggian, kecelakakan lalu lintas, kecelakakan olah raga, mengakibatkan patah tulang belakang; paling banyak cervicalis dan lumbalis. Fraktur dapat berupa patah tulang sederhana, kompresi, kominutif, dan dislokasi, sedangkan sumsum tulang belakang dapat berupa memar, kontusio, kerusakan melintang, laserasi dengan atau tanpa gangguan peredaran darah, blok syaraf parasimpatis pelepasan mediator kimia, kelumpuhan otot pernapasan respon nyeri hebat dan akut anestesi. Iskemia dan hipoksemia syok spinal gangguan fungsi rektum, kandung kemih. Gangguan kebutuhan gangguan rasa nyaman, nyeri, oksigen dan potensial komplikasi, hipotensi, bradikardia, gangguan eliminasi
Tanda dan gejala yang mungkin timbul bila seseorang diduga mengalami Cedera  tulang belakang adalah di mana setelah cedera pasien mengeluh nyeri serta terbatasnya pergerakan leher dan pinggang. Deformitas klinis mungkin tidak jelas dan kerusakan neurologis mungkin tidak tampak pada pasien yang juga mengalami cedera kepala atau cedera berganda. Tidak lengkap pemeriksaan pada suatu cedera bila fungsi anggota gerak belum dinilai untuk menyingkirkan kerusakan akibat cedera tulang belakang. Gejala lain yang biasa dikeluhkan oleh pasien dengan trauma tulang belakang adalah Nyeri mulai dari leher sampai bawah,Kehilangan fungsi (misal tidak dapat menggerakkan lengan),Kehilangan atau berubahnya sensasi di berbagai area tubuh, nyeri akut pada belakang leher, yang menyebar sepanjang saraf yang terkena,paraplegia,tingkat neurologik,paralisis sensorik motorik total,kehilangan kontrol kandung kemih (refensi urine, distensi kandung kemih),penurunan keringat dan tonus vasomoto,penurunan fungsi pernafasan,gagal nafas dan lain lain
Gambaran klinis bergantung pada lokasi dan besarnya kerusakan yang terjadi. Kerusakan melintang memberikan gambaran berupa hilangnya fungsi motorik maupun sensorik kaudal dari tempat kerusakan disertai syok spinal. Syok spinal terjadi pada kerusakan mendadak sumsum tulang belakang karena hilangnya rangsang yang berasal dari pusat. Peristiwa ini umumnya berlangsung selama satu hingga enam minggu, kadang lebih lama. Tandanya adalah kelumpuhan flaksid, anestesia, arefleksi, hilangnya perspirasi, gangguan fungsi rektum dan kandung kemih, priapismus, bradikardia dan hipotensi. Setelah syok spinal pulih kembali, akan terjadi hiperrefleksi. Terlihat pula tanda gangguan fungsi autonom, berupa kulit kering karena tidak berkeringat dan hipotensi ortostatik, serta gangguan fungsi kandung kemih dan gangguan defekasi.Sindrom sumsum belakang bagian depan menunjukkan kelumpuhan otot lurik di bawah tempat kerusakan disertai hilangnya rasa nyeri dan suhu pada kedua sisinya, sedangkan rasa raba dan posisi tidak terganggu.
Berdasarkan patofisiologi di atas, maka sangat penting dilakukan pemeriksaan diagnostik SCI yang dapat meliputi, sbb:
1. Sinar x spinal : menentukan lokasi dan jenis cedera tulang (fraktur atau dislok)
2. CT scan : untuk menentukan tempat luka/jejas
3. MRI : untuk mengidentifikasi kerusakan syaraf spinal
4. Foto rongent thorak : mengetahui keadaan paru
5. AGD : menunjukkan keefektifan pertukaran gas dan upaya ventilasi
Komplikasi atau Efek dari cedera kord spinal akut mungkin mengaburkan penilaian  atas  cedera lain dan mungkin juga merubah respon terhadap terapi. 60% lebih pasien dengan cedera kord spinal bersamaan dengan cedera major: kepala atau otak, toraks, abdominal, atau vaskuler. Berat serta jangkauan cedera penyerta yang berpotensi didapat dari penilaian primer yang sangat teliti dan penilaian ulang yang sistematik terhadap pasien setelah cedera kord spinal. Dua penyebab kematian utama setelah cedera kord spinal adalah aspirasi dan syok.
Defisit neurologis sering meningkat selama beberapa jam atau hari pada trauma sumsum tulang belakang akut, meskipun sudah mendapat terapi optimal.Salah satu tanda adanya kemunduran neurologis adalah adanya defisit sensoris.Pasien dengan trauma sumsum tulang belakang beresiko tinggi terjadi aspirasi, karena itu perlu pemasangan NGT (Nasogastric Tube),Hipotermia,Dekubitus,Seseorang dengan tetraplegia beresiko tinggi terjadi komplikasi medis sekunder. Persentase terjadinya komplikasi pada individu dengan tetraplegia komplit adalah sebagai berikut : pneumonia (60,3 %), ulkus akibat tekanan (52,8 %), trombosis vena dalam (16,4 %), emboli pulmo (5,2 %), infeksi pasca operasi (2,2 %).
Komplikasi pulmo pada trauma tulang belakang biasa terjadi, dimana secara langsung berhubungan dengan mortalitas dan trauma saraf. Komplikasi pulmo tersebut meliputi :atelektasis sekunder,menurunnya batuk, sehingga meningkatkan resiko sumbatan oleh secret, atelektasis dan pneumonia,kelelahan otot.
Penatalaksanaan tindakan-tindakan yang bisa kita lakukan pada penderita spinal cord injury adalah imobilisasi dan mempertahankan vertebral dalam posisi lurus,Pemakaian kollar leher, bantal psir atau kantung IV untuk mempertahankan agar leher stabil, dan menggunakan papan punggung bila memindahkan pasien.selain itu Lakukan traksi skeletal untuk fraktur servikal, yang meliputi penggunaan Crutchfield, Vinke, atau tong Gard-Wellsbrace pada tengkorak.Lakukan tirah baring total dan pakaikan brace haloi untuk pasien dengan fraktur servikal stabil ringan.Dan Pembedahan (laminektomi, fusi spinal atau insersi batang Harrington) untuk mengurangi tekanan pada spinal bila pada pemeriksaan sinar-x ditemui spinal tidak aktif.
      Tindakan-tidakan untuk mengurangi pembengkakan pada medula spinalis dengan menggunakan glukortiko steroid intravena
Penatalaksanaan Keperawatan meliputi : Pengkajian fisik didasarakan pada pemeriksaan pada neurologis, kemungkinan didapati defisit motorik dan sensorik di bawah area yang terkena: syok spinal, nyeri, perubahan fungsi kandung kemih, perusakan fungsi seksual pada pria, pada wanita umumnya tidak terganggu fungsi seksualnya, perubahan fungsi defekasi.Kaji perasaan pasien terhadap kondisinya,Pemeriksaan diagnostik,dan Pertahankan prinsip A-B-C (Airway, Breathing, Circulation)
2.         Pengkajian
Adapun beberapa hal penting yang perlu dikaji dalan Spinal Cord Injury dapat meliputi, sbb: Riwayat trauma (KLL, olahraga, dll),Riwayat penyakit degeneratif (osteoporosis, osteoartritis, dll),Mekanisme trauma,Stabilisasi dan monitoring,Pemeriksaan fisik; KU, TTV, defisit neurologis, status kesadaran awal kejadian, refleks, motorik, lokalis (look, feel, move),Fokus; deformitas leher, memar pada leher dan bahu, memarpada muka atau abrasi dangakal pada dahi,Pemeriksaan neurologi penuh.
Pemeriksaan fisik pada Spinal Cord Injury meliputi beberapa pangkajian yaitu :
a. Aktifitas /Istirahat
Aktifitas /Istirahat meliputi Kelumpuhan otot (terjadi kelemahan selama syok pada bawah lesi. Kelemahan umum /kelemahan otot (trauma dan adanya kompresi saraf).
b. Sirkulasi
Hipotensi, Hipotensi posturak, bradikardi, ekstremitas dingin dan pucat.
c. Eliminasi
Retensi urine, distensi abdomen, peristaltik usus hilang, melena, emisis berwarna seperti kopi tanah /hematemesis.
d. Integritas Ego
e. Takut, cemas, gelisah, menarik diri.
f. Makanan /cairan
Mengalami distensi abdomen, peristaltik usus hilang (ileus paralitik)
g. Higiene
Sangat ketergantungan dalam melakukan aktifitas sehari-hari (bervariasi)
h. Neurosensori
Kelumpuhan, kelemahan (kejang dapat berkembang saat terjadi perubahan pada syok spinal).Kehilangan sensasi (derajat bervariasi dapat kembaki normak setelah syok spinal sembuh).Kehilangan tonus otot /vasomotor, kehilangan refleks /refleks asimetris termasuk tendon dalam. Perubahan reaksi pupil, ptosis, hilangnya keringat bagian tubuh yang terkena karena pengaruh trauma spinal.
i. Nyeri /kenyamanan
Mengalami deformitas, postur, nyeri tekan vertebral.
j. Pernapasan
Pernapasan dangkal /labored, periode apnea, penurunan bunyi napas, ronki, pucat, sianosis.
k. Keamanan
Suhu yang berfluktasi *(suhu tubuh ini diambil dalam suhu kamar).
l. Seksualitas
Ereksi tidak terkendali (priapisme), menstruasi tidak teratur
3.         Analisa Data dan Masalah Keperawatan
1.      Pola napas tidak efektif berhubungan dengan kelumpuhan otot diafragma.
Data subyektif pasien mengeluh sesak nafas.Sedangkan dari sejumlah pengkajian perawat menemukan beberapa data obyektif yaitu penurunan tekanan inspirasi dan ekspirasi,pernafasan cuping hidung,fase ekspirasi yang lama,dan penggunaan otot bantu pernafasan.Kemungkinan penyebabnya adalah kelumpuhan otot diafragma.Dan diagnosa keperawatan yang bisa diambil adalah Pola napas tidak efektif berhubungan dengan kelumpuhan otot diafragma
2.      Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan kelumpuhan
Data subyektif pasien mengeluh aktifitas fisiknya terbatas.Sedangkan dari sejumlah pengkajian perawat menemukan beberapa data obyektif yaitu : Kesulitan bergerak,perubahan cara berjalan,keterbatasan kemempuan dalam melakukan keterampilan motorik kasar dan halus,serta melambatnya pergerakan. Kemungkinan penyebabnya adalah karena kelumpuhan.Dan dari data tersebut dapat diangkat diagnosa keperawatan  Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan kelumpuhan
3.      Gangguan rasa nyaman nyeri berhubungan dengan adanya cedera
Data subyektif pasien mengatakan nyeri pada daerah cedera.Dari sejumlah pengkajian perawat menemukan beberapa data obyektif yaitu : ansietas,gangguan pola tidur,penurunan interaksi dengan orang lain,dan pasien terlihat gelisah.Kemungkinan penyebabnya adalah karena cedera yang dialami pasien.Dari data tersebut dapat diangkat diagnosa keperawatan  Gangguan rasa nyaman nyeri berhubungan dengan adanya cedera
4.      Gangguan eliminasi alvi /konstipasi berhubungan dengan gangguan persarafan pada usus dan rektum
Data subyektif pasien mengatakan ada tekanan pada rektal dan konstipasi.Dan data obyektif yang ditemukan perawat adalah : perubahan dalam pola defekasi,distensi abdomen,penurunan frekuensi dan bising usus yang hipoaktif.Kemungkinan penyebabnya adalah gangguan persarafan pada usus dan rektum.Dari data tersebut dapat diangkat diagnosa keperawatan  Gangguan eliminasi alvi /konstipasi berhubungan dengan gangguan persarafan pada usus dan rektum.
5.      Perubahan pola eliminasi urine berhubungan dengan kelumpuhan syarat perkemihan
Data subyektif pasien mengatakan sulit berkemih.Dan data obyektif yang ditemukan perawat adalah : inkontinensia,adanya retensi urin,dan distensi kandung kemih.Kemungkinan penyebabnya adalah kelumpuhan syarat perkemihan.Dari data tersebut dapat diambil diagnosa keperawatan  Perubahan pola eliminasi urine berhubungan dengan kelumpuhan syarat perkemihan

6.      Gangguan integritas kulit berhubungan dengan tirah baring lama
Data subyektif pasien mengatakan ada luka pada jaringan kulitnya.Data obyektif yang ditemukan perawat adalah : suhu kulit dingin pada ekstremitas,perubahan tekanan darah pada ekstremitas,adanya lesi dan perubahan warna kulit.Kemungkinan penyebabnya adalah adanya tirah baring yang lama.Dari data tersebut dapat diambil diagnosa keperawatan  Gangguan integritas kulit berhubungan dengan tirah baring lama
4.         Intervensi Keperawatan
1 Pola napas tidak efektif berhubungan dengan kelumpuhan otot diafragma
Tujuan perawatan : pola nafas efektif setelah diberikan oksigen
Kriteria hasil : ventilasi adekuat, PaO2 > 80, PaCo2 < rr =" 16-20">
Intervensi keperawatan :
1. Pertahankan jalan nafas; posisi kepala tanpa gerak. Rasional: pasien dengan cedera cervicalis akan membutuhkan bantuan untuk mencegah aspirasi/ mempertahankan jalan nafas.
2. Lakukan penghisapan lendir bila perlu, catat jumlah, jenis dan karakteristik sekret. Rasional : jika batuk tidak efektif, penghisapan dibutuhkan untuk mengeluarkan sekret, dan mengurangi resiko infeksi pernapasan.
3. Kaji fungsi pernapasan. Rasional : trauma pada C5-6 menyebabkan hilangnya fungsi pernapasan secara partial, karena otot pernapasan mengalami kelumpuhan.
4. Auskultasi suara napas. Rasional : hipoventilasi biasanya terjadi atau menyebabkan akumulasi sekret yang berakibat pnemonia.
5. Observasi warna kulit. Rasional : menggambarkan adanya kegagalan pernapasan yang memerlukan tindakan segera
6. Kaji distensi perut dan spasme otot. Rasional : kelainan penuh pada perut disebabkan karena kelumpuhan diafragma
7. Anjurkan pasien untuk minum minimal 2000 cc/hari. Rasional : membantu mengencerkan sekret, meningkatkan mobilisasi sekret sebagai ekspektoran.
8. Lakukan pengukuran kapasitas vital, volume tidal dan kekuatan pernapasan. Rasional : menentukan fungsi otot-otot pernapasan. Pengkajian terus menerus untuk mendeteksi adanya kegagalan pernapasan.
9. Pantau analisa gas darah. Rasional : untuk mengetahui adanya kelainan fungsi pertukaran gas sebagai contoh : hiperventilasi PaO2 rendah dan PaCO2 meningkat.
10. Berikan oksigen dengan cara yang tepat : metode dipilih sesuai dengan keadaan isufisiensi pernapasan.
11. Lakukan fisioterapi nafas. Rasional : mencegah sekret tertahan
2. Diagnosa keperawatan : kerusakan mobilitas fisik berhubungan dng kelumpuhan
Tujuan perawatan : selama perawatan gangguan mobilisasi bisa diminimalisasi sampai cedera diatasi dengan pembedahan.
Kriteria hasil : tidak ada kontrakstur, kekuatan otot meningkat, pasien mampu beraktifitas kembali secara bertahap.
Intervensi keperawatan :
1. Kaji secara teratur fungsi motorik. Rasional : mengevaluasi keadaan secara umum
2. Instruksikan pasien untuk memanggil bila minta pertolongan. Rasional memberikan rasa aman
3. Lakukan log rolling. Rasional : membantu ROM secara pasif
4. Pertahankan sendi 90 derajad terhadap papan kaki. Rasional mencegah footdrop
5. Ukur tekanan darah sebelum dan sesudah log rolling. Rasional : mengetahui adanya hipotensi ortostatik
6. Inspeksi kulit setiap hari. Rasional : gangguan sirkulasi dan hilangnya sensai resiko tinggi kerusakan integritas kulit.
7. Berikan relaksan otot sesuai pesanan seperti diazepam. Rasional : berguna untuk membatasi dan mengurangi nyeri yang berhubungan dengan spastisitas.
3. Diagnosa keperawatan : gangguan rasa nyaman nyeri berhubungan dengan adanya cedera
Tujuan keperawatan : rasa nyaman terpenuhi setelah diberikan perawatan dan pengobatan
Kriteria hasil : melaporkan rasa nyerinya berkurang
Intervensi keperawatan :
1. Kaji terhadap nyeri dengan skala 0-5. Rasional : pasien melaporkan nyeri biasanya diatas tingkat cedera.
2. Bantu pasien dalam identifikasi faktor pencetus. Rasional : nyeri dipengaruhi oleh; kecemasan, ketegangan, suhu, distensi kandung kemih dan berbaring lama.
3. Berikan tindakan kenyamanan. Rasional : memberikan rasa nayaman dengan cara membantu mengontrol nyeri.
4. Dorong pasien menggunakan tehnik relaksasi. Rasional : memfokuskan kembali perhatian, meningkatkan rasa kontrol.
5. Berikan obat antinyeri sesuai pesanan. Rasional : untuk menghilangkan nyeri otot atau untuk menghilangkan kecemasan dan meningkatkan istirahat.
4. Diagnosa keperawatan : gangguan eliminasi alvi /konstipasi berhubungan dengan gangguan persarafan pada usus dan rektum.
Tujuan perawatan : pasien tidak menunjukkan adanya gangguan eliminasi alvi/konstipasi
Kriteria hasil : pasien bisa b.a.b secara teratur sehari 1 kali
Intervensi keperawatan :
1. Auskultasi bising usus, catat lokasi dan karakteristiknya.Rasional : bising usus mungkin tidak ada selama syok spinal.
2. Observasi adanya distensi perut.
3. Catat adanya keluhan mual dan ingin muntah, pasang NGT. Rasional : pendarahan gantrointentinal dan lambung mungkin terjadi akibat trauma dan stress.
4. Berikan diet seimbang TKTP cair : meningkatkan konsistensi feces
5. Berikan obat pencahar sesuai pesanan. Rasional: merangsang kerja usus
5. Diagnosa keperawatan : perubahan pola eliminasi urine berhubungan dengan kelumpuhan syarat perkemihan.
Tujuan perawatan : pola eliminasi kembali normal selama perawatan
Kriteria hasil : produksi urine 50 cc/jam, keluhan eliminasi uirine tidak ada
Intervensi keperawatan:
1. Kaji pola berkemih, dan catat produksi urine tiap jam. Rasional : mengetahui fungsi ginjal
2. Palpasi kemungkinan adanya distensi kandung kemih.
3. Anjurkan pasien untuk minum 2000 cc/hari. Rasional : membantu mempertahankan fungsi ginjal.
4. Pasang dower kateter. Rasional membantu proses pengeluaran urine
6. Diagnosa keperawatan : gangguan integritas kulit berhubungan dengan tirah baring lama
Tujuan keperawatan : tidak terjadi gangguan integritas kulit selama perawatan
Kriteria hasil : tidak ada dekibitus, kulit kering
Intervensi keperawatan :
1. Inspeksi seluruh lapisan kulit. Rasional : kulit cenderung rusak karena perubahan sirkulasi perifer.
2. Lakukan perubahan posisi sesuai pesanan: untuk mengurangi penekanan kulit
3. Bersihkan dan keringkan kulit. Rasional: meningkatkan integritas kulit
4. Jagalah tenun tetap kering. Rasional: mengurangi resiko kelembaban kulit
5. Berikan terapi kinetik sesuai kebutuhan : Rasional : meningkatkan sirkulasi sistemik& perifer, menurunkan tekanan pada kulit serta mengurangi kerusakan kulit.













Intervensi
Diagnosa Keperawatan
Rencana Keperawatan
Tujuan dan Kriteria Hasil
Intervensi
Rasional
1. Pola napas tidak efektif berhubungan dengan kelumpuhan otot diafragma
Text Box: 25
Tujuan ;
pola nafas efektif setelah diberikan oksigen
Kriteria hasil :
ventilasi adekuat, PaO2 > 80, PaCo2 < rr =" 16-20">
fraktur
a.       Pertahankan jalan nafas; posisi kepala tanpa gerak


b.      Lakukan penghisapan lendir bila perlu, catat jumlah, jenis dan karakteristik sekret

c.       Kaji fungsi pernapasan



d.      Auskultasi suara napas



e.       Observasi warna kulit


f.       Kaji distensi perut dan spasme otot

g.      Anjurkan pasien untuk minum minimal 2000 cc/hari

h.      Lakukan pengukuran kapasitas vital, volume tidal dan kekuatan pernapasan

i.        Pantau analisa gas darah.



j.        Lakukan fisioterapi nafas. Rasional :

a.       pasien dengan cedera cervicalis akan membutuhkan bantuan untuk mencegah aspirasi/ mempertahankan jalan nafas.

b.      jika batuk tidak efektif, penghisapan dibutuhkan untuk mengeluarkan sekret, dan mengurangi resiko infeksi pernapasan
c.       trauma pada C5-6 menyebabkan hilangnya fungsi pernapasan secara partial, karena otot pernapasan mengalami kelumpuhan

d.      hipoventilasi biasanya terjadi atau menyebabkan akumulasi sekret yang berakibat pnemonia

e.       menggambarkan adanya kegagalan pernapasan yang memerlukan tindakan segera
f.       kelainan penuh pada perut disebabkan karena kelumpuhan diafragma
g.      membantu mengencerkan sekret, meningkatkan mobilisasi sekret sebagai ekspektoran
h.      menentukan fungsi otot-otot pernapasan. Pengkajian terus menerus untuk mendeteksi adanya kegagalan pernapasan
i.        untuk mengetahui adanya kelainan fungsi pertukaran gas sebagai contoh : hiperventilasi PaO2 rendah dan PaCO2 meningkat
j.        mencegah sekret tertahan


2. kerusakan mobilitas fisik berhubungan dng kelumpuhan

Text Box: 28
Tujuan :
selama perawatan gangguan mobilisasi bisa diminimalisasi sampai cedera diatasi dengan pembedahan.
Kriteria hasil :
Tidak ada kontrakstur, kekuatan otot meningkat, pasien mampu beraktifitas kembali secara bertahap.
a.       Kaji secara teratur fungsi motorik
b.      Instruksikan pasien untuk memanggil bila minta pertolongan.
c.       Lakukan log rolling
d.      Pertahankan sendi 90 derajad terhadap papan kaki
e.       Ukur tekanan darah sebelum dan sesudah log rolling
f.       Inspeksi kulit setiap hari. Rasional :
a.        Mengevaluasi keadaan secara umum
b.        Memberikan rasa aman

c.        membantu ROM secara pasif
d.       mencegah footdrop

e.        mengetahui adanya hipotensi ortostatik

f.         gangguan sirkulasi dan hilangnya sensai resiko tinggi kerusakan integritas kulit

3. gangguan rasa nyaman nyeri berhubungan dengan adanya cedera


Tujuan :
rasa nyaman terpenuhi setelah diberikan perawatan dan pengobatan
Kriteria hasil : melaporkan rasa nyerinya berkurang

a.       Kaji terhadap nyeri dengan skala 0-5

b.      Bantu pasien dalam identifikasi faktor pencetus

c.       Berikan tindakan kenyamanan

d.      Dorong pasien menggunakan tehnik relaksasi.
e.       Berikan obat antinyeri sesuai pesanan.

g.       
a.       pasien melaporkan nyeri biasanya diatas tingkat cedera.
b.      nyeri dipengaruhi oleh; kecemasan, ketegangan, suhu, distensi kandung kemih dan berbaring lama.
c.       memberikan rasa nayaman dengan cara membantu mengontrol nyeri.
d.      memfokuskan kembali perhatian, meningkatkan rasa kontrol.
e.       untuk menghilangkan nyeri otot atau untuk menghilangkan kecemasan dan meningkatkan istirahat
4. Gangguan eliminasi alvi /konstipasi berhubungan dengan gangguan persarafan pada usus dan rektum


 

7.      Perubahan pola eliminasi urine berhubungan dengan kelumpuhan syarat perkemihan


 

8.      Gangguan integritas kulit berhubungan dengan tirah baring lama



Text Box: 30
Tujuan :
-   pasien tidak menunjukkan adanya gangguan eliminasi alvi/konstipasi
Kriteria hasil :
-   pasien bisa b.a.b secara teratur sehari 1 kali

Tujuan:
- pola eliminasi kembali normal selama perawatan
Kriteria hasil :
- produksi urine 50 cc/jam, keluhan eliminasi uirine tidak ada

Tujuan:
-Tidak terjadi gangguan integritas kulit selama perawatan
Kriteria hasil :
- Tidak ada dekibitus, kulit kering
a.       Auskultasi bising usus, catat lokasi dan karakteristiknya
b.      Catat adanya keluhan mual dan ingin muntah, pasang NGT
c.       Berikan diet seimbang TKTP cair

d.      Berikan obat pencahar sesuai pesanan.




a.       Kaji pola berkemih, dan catat produksi urine tiap jam
b.      Palpasi kemungkinan adanya distensi kandung kemih.
c.       Anjurkan pasien untuk minum 2000 cc/hari.
d.      Pasang dower kateter






a.       Inspeksi seluruh lapisan kulit

b.      Lakukan perubahan posisi sesuai pesanan
c.       Bersihkan dan keringkan kulit
d.      Jagalah tenun tetap kering.
e.       Berikan terapi kinetik sesuai kebutuhan

a.       bising usus mungkin tidak ada selama syok spinal
b.      pendarahan gantrointentinal dan lambung mungkin terjadi akibat trauma dan stress
c.       meningkatkan konsistensi feces

d.      merangsang kerja




a.        Mengetahui fungsi ginjal

b.        Mendeteksi adaya penumpukan urin

c.        Membantu mempertahankan fungsi ginjal.
d.       Membantu proses pengeluaran urine






a.       kulit cenderung rusak karena perubahan sirkulasi perifer.
b.      untuk mengurangi penekanan kulit
c.       meningkatkan integritas kulit
d.      mengurangi resiko kelembaban kulit
e.       meningkatkan sirkulasi sistemik& perifer, menurunkan tekanan pada kulit serta mengurangi kerusakan kulit.


BAB V
PENUTUP

5.1. Kesimpulan

Ø  Cedera tulang belakang adalah cedera mengenai cervicalis, vertebralis dan lumbalis akibat trauma; jatuh dari ketinggian, kecelakakan lalu lintas, kecelakakan olah raga dsb (Arifin cit Sjamsuhidayat, 1997).
Ø  Spinal Cord Injury (SCI) adalah cidera yang terjadi karena trauma spinal cord atau tekanan pada spinal cord karena kecelakaan
Ø  Etiologi :
Kecelakaan  jalan  raya adalah penyebab terbesar, hal mana cukup kuat untuk merusak kord spinal serta kauda ekuina. Di bidang olah-raga, tersering karena menyelam pada air yang sangat dangkal Klasifikasi


5.2. Saran

Dalam pembuatan makalah ini kelompok masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kelompok meminta kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Semoga makalah yang kami buat dapat bermanfaat bagi pembaca









DAFTAR PUSTAKA

. Nurman ningsih dkk, 2009, ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN GANGGUAN SISTEM MUSKULOSKELETAL, Jakarta: Salemba Medika


0 komentar:

Posting Komentar